kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 6:7-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
6:7 Ketika orang Israel berseru kepada TUHAN karena orang Midian itu, 6:8 maka TUHAN mengutus seorang nabi kepada orang Israel, yang berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang menuntun kamu keluar dari Mesir dan yang membawa kamu keluar dari rumah perbudakan. 6:9 Aku melepaskan kamu dari tangan orang Mesir dan dari tangan semua orang yang menindas kamu, bahkan Aku menghalau mereka dari depanmu dan negeri mereka Kuberikan kepadamu. 6:10 Dan Aku telah berfirman kepadamu: Akulah TUHAN, Allahmu, maka janganlah kamu menyembah allah orang Amori, yang negerinya kamu diami ini. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku itu." 6:11 Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian. 6:12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani." 6:13 Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? Di manakah segala perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata: Bukankah TUHAN telah menuntun kita keluar dari Mesir? Tetapi sekarang TUHAN membuang kami dan menyerahkan kami ke dalam cengkeraman orang Midian." 6:14 Lalu berpalinglah TUHAN kepadanya dan berfirman: "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!" 6:15 Tetapi jawabnya kepada-Nya: "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku adalah yang paling kecil di antara suku Manasye dan akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku." 6:16 Berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Tetapi Akulah yang menyertai engkau, sebab itu engkau akan memukul kalah orang Midian itu sampai habis." 6:17 Maka jawabnya kepada-Nya: "Jika sekiranya aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, maka berikanlah kepadaku tanda, bahwa Engkau sendirilah yang berfirman kepadaku. 6:18 Janganlah kiranya pergi dari sini, sampai aku datang kepada-Mu membawa persembahanku dan meletakkannya di hadapan-Mu." Firman-Nya: "Aku akan tinggal, sampai engkau kembali." 6:19 Masuklah Gideon ke dalam, lalu mengolah seekor anak kambing dan roti yang tidak beragi dari seefa tepung; ditaruhnya daging itu ke dalam bakul dan kuahnya ke dalam periuk, dibawanya itu kepada-Nya ke bawah pohon tarbantin, lalu disuguhkannya. 6:20 Berfirmanlah Malaikat Allah kepadanya: "Ambillah daging dan roti yang tidak beragi itu, letakkanlah ke atas batu ini, dan curahkan kuahnya." Maka diperbuatnya demikian. 6:21 Dan Malaikat TUHAN mengulurkan tongkat yang ada di tangan-Nya; dengan ujungnya disinggung-Nya daging dan roti itu; maka timbullah api dari batu itu dan memakan habis daging dan roti itu. Kemudian hilanglah Malaikat TUHAN dari pandangannya. 6:22 Maka tahulah Gideon, bahwa itulah Malaikat TUHAN, lalu katanya: "Celakalah aku, Tuhanku ALLAH! sebab memang telah kulihat Malaikat TUHAN dengan berhadapan muka." 6:23 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati." 6:24 Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer. 6:25 Pada malam itu juga TUHAN berfirman kepadanya: "Ambillah seekor lembu jantan kepunyaan ayahmu, yakni lembu jantan yang kedua, berumur tujuh tahun, runtuhkanlah mezbah Baal kepunyaan ayahmu dan tebanglah tiang berhala yang di dekatnya. 6:26 Kemudian dirikanlah mezbah bagi TUHAN, Allahmu, di atas kubu pertahanan ini dengan disusun baik, lalu ambillah lembu jantan yang kedua dan persembahkanlah korban bakaran dengan kayu tiang berhala yang akan kautebang itu." 6:27 Kemudian Gideon membawa sepuluh orang hambanya dan diperbuatnyalah seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya. Tetapi karena ia takut kepada kaum keluarganya dan kepada orang-orang kota itu untuk melakukan hal itu pada waktu siang, maka dilakukannyalah pada waktu malam. 6:28 Ketika orang-orang kota itu bangun pagi-pagi, tampaklah telah dirobohkan mezbah Baal itu, telah ditebang tiang berhala yang di dekatnya dan telah dikorbankan lembu jantan yang kedua di atas mezbah yang didirikan itu. 6:29 Berkatalah mereka seorang kepada yang lain: "Siapakah yang melakukan hal itu?" Setelah diperiksa dan ditanya-tanya, maka kata orang: "Gideon bin Yoas, dialah yang melakukan hal itu." 6:30 Sesudah itu berkatalah orang-orang kota itu kepada Yoas: "Bawalah anakmu itu ke luar; dia harus mati, karena ia telah merobohkan mezbah Baal dan karena ia telah menebang tiang berhala yang di dekatnya." 6:31 Tetapi jawab Yoas kepada semua orang yang mengerumuninya itu: "Kamu mau berjuang membela Baal? Atau kamu mau menolong dia? Siapa yang berjuang membela Baal akan dihukum mati sebelum pagi. Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang." 6:32 Dan pada hari itu diberikan oranglah nama Yerubaal kepada Gideon, karena kata orang: "Biarlah Baal berjuang dengan dia, setelah dirobohkannya mezbahnya itu." 6:33 Seluruh orang Midian dan orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur telah berkumpul bersama-sama; mereka telah menyeberang dan berkemah di lembah Yizreel. 6:34 Pada waktu itu Roh TUHAN menguasai Gideon; ditiupnyalah sangkakala dan orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia. 6:35 Juga dikirimnya pesan kepada seluruh suku Manasye dan orang-orang inipun dikerahkan untuk mengikuti dia. Dikirimnya pula pesan kepada suku Asyer, Zebulon dan Naftali, dan orang-orang inipun maju untuk menggabungkan diri dengan mereka. 6:36 Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu, 6:37 maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan." 6:38 Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air. 6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun." 6:40 Dan demikianlah diperbuat Allah pada malam itu, sebab hanya guntingan bulu itu yang kering, dan di atas seluruh tanah itu ada embun.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asyer a tribe of Israel that came from Asher; son of Jacob and Zilpah,the man; son of Jacob and Zilpah,a tribe of Israel or its land
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Gideon a man who was the fifth major judge of 12th century Israel; the son of Joash,son of Joash of Abiezer of Manasseh; a judge of Israel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Midian resident(s) of the region of Midian
 · Naftali region/territority and the tribe of Israel,the son of Jacob and Bilhah,the tribe of people descended from Naphtali,the territory of the people of Naphtali
 · Ofra a town of Benjamin on the border of Ephraim, 4 km ENE of Bethel,a town of Manasseh, possibly 7 km NW of Jezreel,son of Meonothai of Judah
 · orang Abiezer a member of the clan of Abiezer of Manasseh
 · orang Amalek members of the nation of Amalek
 · orang Amori a member of a pre-Israel Semitic tribe,a pre-Israel Semitic tribe from the city of Mari in Mesopotamia
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Manasye the tribe of Manasseh.
 · orang Mesir descendants of Mizraim
 · orang Midian resident(s) of the region of Midian
 · orang Yizreel a resident of the town or region of Jezreel
 · orang-orang Abiezer a member of the clan of Abiezer of Manasseh
 · orang-orang Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Mesir descendants of Mizraim
 · perempuan Mesir descendants of Mizraim


Topik/Tema Kamus: Gideon | Midian, Orang | Midian | Hakim Israel | Malaikat | Baal | Mezbah | Orang Midian | Imam | Pohon Kayu Yang Dianggap Sebagai Berhala | Embun | Doa Perorangan | Kristus, Allah | Batu | Asyera | Pohon Tarbatin | Irik, Mengirik | Malam | Damai | Tentara, Pasukan Israel | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 6:13 - DI MANAKAH SEGALA PERBUATAN-PERBUATAN-NYA YANG AJAIB? Nas : Hak 6:13 Pertanyaan Gideon hendaknya juga diajukan oleh orang percaya PB. Jikalau kuasa ajaib Allah tidak terdapat di antara kita, kita perlu...

Nas : Hak 6:13

Pertanyaan Gideon hendaknya juga diajukan oleh orang percaya PB. Jikalau kuasa ajaib Allah tidak terdapat di antara kita, kita perlu mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya sehingga semua tindakan-Nya yang perkasa itu dinyatakan kembali di tengah kita

(lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA;

lihat art. KERAJAAN ALLAH;

lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

Full Life: Hak 6:14 - BERPALINGLAH TUHAN KEPADANYA. Nas : Hak 6:14 Rupanya "Tuhan" di sini adalah sama dengan "malaikat Tuhan" (ayat Hak 6:12). Para teolog menyebutkan penampakan ini teofani, yaitu m...

Nas : Hak 6:14

Rupanya "Tuhan" di sini adalah sama dengan "malaikat Tuhan" (ayat Hak 6:12). Para teolog menyebutkan penampakan ini teofani, yaitu manifestasi Allah dalam rupa manusia (bd. ayat Hak 6:22;

lihat cat. --> Kej 12:7;

[atau ref. Kej 12:7]

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

Full Life: Hak 6:16 - AKULAH YANG MENYERTAI ENGKAU. Nas : Hak 6:16 Setiap orang yang seperti Gideon dengan sungguh-sungguh berusaha untuk melayani Allah dapat mengandalkan kehadiran Allah yang aktif ...

Nas : Hak 6:16

Setiap orang yang seperti Gideon dengan sungguh-sungguh berusaha untuk melayani Allah dapat mengandalkan kehadiran Allah yang aktif bersama mereka. Janji ini diberikan kepada orang percaya PB oleh Yesus Kristus sendiri (Mat 28:19-20).

Full Life: Hak 6:34 - ROH TUHAN MENGUASAI GIDEON. Nas : Hak 6:34 Kata kerja "menguasai" secara harfiah berarti "mengenakan," "membajui." Roh Allah sendiri mengenakan diri-Nya pada Gideon supaya mel...

Nas : Hak 6:34

Kata kerja "menguasai" secara harfiah berarti "mengenakan," "membajui." Roh Allah sendiri mengenakan diri-Nya pada Gideon supaya melengkapinya untuk melayani umat Allah, dan Gideon pun keluar dengan kuasa Roh (bd. 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Luk 24:49). Pengalaman dikuasai dan didiami oleh Roh dijanjikan kepada semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus (lih. Kis 2:4,38-39;

lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

Full Life: Hak 6:37 - GUNTINGAN BULU DOMBA. Nas : Hak 6:37 Gideon membentangkan guntingan bulu domba untuk memperkuat imannya dan menyokong keyakinannya bahwa Allah sungguh-sungguh telah mema...

Nas : Hak 6:37

Gideon membentangkan guntingan bulu domba untuk memperkuat imannya dan menyokong keyakinannya bahwa Allah sungguh-sungguh telah memanggilnya untuk membebaskan Israel (ayat Hak 6:36). Permohonan Gideon akan kepastian disertai dengan sikap iman, kerendahan hati, dan ketaatan.

  1. 1) Allah yang memahami tabiat manusia (bd. Mazm 103:14) menanggapi dalam kasih dan kasih karunia. Semua anak Allah yang setia berhak untuk meminta Allah memperkuat iman mereka (bd. Kej 17:17-20; Kel 3:2; Kel 4:1-9; Mr 9:24).
  2. 2) Bahkan mereka yang dipenuhi dengan Roh Kudus kadang-kadang dapat mengalami ketakutan dan ketidakpastian dalam situasi sulit. Pada saat-saat seperti itu, Allah ingin mendorong kita dan memperkuat iman kita (ayat Hak 6:38-40).

BIS: Hak 6:25 - sapi yang terbaik sapi yang terbaik: Dalam naskah Ibrani tertulis sapi yang kedua, yang berarti sapi yang terbaik karena sapi yang pertama adalah yang dikhususkan untuk...

sapi yang terbaik: Dalam naskah Ibrani tertulis sapi yang kedua, yang berarti sapi yang terbaik karena sapi yang pertama adalah yang dikhususkan untuk TUHAN.

BIS: Hak 6:32 - Yerubaal Yerubaal: Dalam bahasa Ibrani berarti "Biarlah Baal melawan dia."

Yerubaal: Dalam bahasa Ibrani berarti "Biarlah Baal melawan dia."

Jerusalem: Hak 6:1--9:57 - -- Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sud...

Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sudah dipersatukan, lalu menyadurnya sedikit. Ada beberapa tradisi mengenai tindakan-tindakan kemiliteran yang dilakukan Gideon melawan orang Midian, baik di wilayah bangsa Israel maupun di luar daerah seberang sungai Yordan. Pada tradisi-tradisi tsb ditambah tradisi-tradisi lain yang bersangkutan dengan ibadat, yaitu tentang sebuah mezbah di Ofra yang disahkan, tentang sebuah mezbah guna dewa baal dan tentang tanda guntingan bulu domba. Ceritera-ceritera itu cukup penting oleh karena memperlihatkan kemerosotan agama di Israel yang disebabkan kenyataan bahwa orang Israel mulai menetap di negeri Kanaan dan berkenalan dengan ibadat setempat kepada dewa Baal; ceritera-ceritera itupun memperlihatkan kekacauan di bidang politik yang menyatakan diri dalam ditawarkannya jabatan raja kepada Gideon dan dalam pengalaman yang menyedihkan dengan raja Abimelekh.

Jerusalem: Hak 6:7-10 - -- Untuk pertama kalinya dalam sejarah Israel seorang nabi tampil berperan. Seluruh bagian ini berasal dari tangan penyusun kitab Hakim, yang berhaluan t...

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Israel seorang nabi tampil berperan. Seluruh bagian ini berasal dari tangan penyusun kitab Hakim, yang berhaluan tradisi Ulangan.

Jerusalem: Hak 6:11-24 - -- Dalam bagian ini diurutkan sebuah kisah tentang panggilan Gideon, Hak 6:11-17 (ceritera ini diteruskan dalam Hak 6:36-40) dan sebuah kisah mengenai di...

Dalam bagian ini diurutkan sebuah kisah tentang panggilan Gideon, Hak 6:11-17 (ceritera ini diteruskan dalam Hak 6:36-40) dan sebuah kisah mengenai dibukanya sebuah tempat kudus, Hak 6:18-24, yang mengingatkan ceritera-ceritera serupa yang tercantum dalam kitab Kejadian; cerita itu berkata tentang suatu penampakan Allah, mengenai sebuah amanat keselamatan dan dimulainya ibadat di tempat itu. Malaikat TUHAN Hak 6:11, disebut TUHAN dalam Hak 6:14,16 dan Hak 6:23. Dalam Hak 6:22 Gideon menyamakan saja Malaikat TUHAN dengan TUHAN sendiri, bdk Kej 16:7+.

Jerusalem: Hak 6:11 - pohon tarbantin di Ofra Tarbantin itu adalah sebuah pohon kudus, bdk Hak 4:11; 9:37, dll; Yos 24:26. Tempat letaknya Ofra tidak diketahui.

Tarbantin itu adalah sebuah pohon kudus, bdk Hak 4:11; 9:37, dll; Yos 24:26. Tempat letaknya Ofra tidak diketahui.

Jerusalem: Hak 6:21 - timbullah api Santapan yang dihidangkan Gideon bagi Malaikat TUHAN, entah berupa korban atau tidak, diubah menjadi korban bakaran oleh api ilahi (bdk korban Manoakh...

Santapan yang dihidangkan Gideon bagi Malaikat TUHAN, entah berupa korban atau tidak, diubah menjadi korban bakaran oleh api ilahi (bdk korban Manoakh, Hak 13:15-20). Dengan jalan itu batu itu dikuduskan, lalu Gideon mendirikan sebuah mezbah di atasnya, Hak 6:24.

Jerusalem: Hak 6:25-32 - -- Kisah kedua yang bersangkutan dengan ibadat ini agaknya mengenai tempat kudus yang sama dengan yang menjadi isi ceritera sebelumnya, Hak 6:11-24. Hany...

Kisah kedua yang bersangkutan dengan ibadat ini agaknya mengenai tempat kudus yang sama dengan yang menjadi isi ceritera sebelumnya, Hak 6:11-24. Hanya ciri ceritera kedua ini sangat berbeda. Sebab ibadat kepada dewa Baal dengan kekerasan diganti dengan ibadat kepada Tuhan.

Jerusalem: Hak 6:25 - yakni lembu jantan yang kedua, berumur tujuh tahun Dalam naskah Ibrani terbaca: dan seekor lembu jantan yang lain (kedua) berumur tujuh tahun. Begitu juga dalam Hak 6:26,28. Tetapi dalam kenyataannya h...

Dalam naskah Ibrani terbaca: dan seekor lembu jantan yang lain (kedua) berumur tujuh tahun. Begitu juga dalam Hak 6:26,28. Tetapi dalam kenyataannya hanya ada satu korban saja. Mungkin kata-kata: dan seekor ... tujuh tahun, aslinya dimaksudkan sebagai keterangan saja pada "seekor lembu jantan kepunyaan ayahnya". Keterangan disalahartikan, sehingga dalam Hak 6:26 dan Hak 6:28 dikatakan lembu jantan yang kedua.

Jerusalem: Hak 6:32 - Yerubaal Nama Gideon yang kedua ini, bdk Hak 7:1, di sini dijelaskan secara kerakyatan. Aslinya nama itu berarti: Kiranya Baal memihak kepada (atau: membela), ...

Nama Gideon yang kedua ini, bdk Hak 7:1, di sini dijelaskan secara kerakyatan. Aslinya nama itu berarti: Kiranya Baal memihak kepada (atau: membela), yaitu orang yang diberi nama itu. Sebuah tempat kudus bagi dewa Kanaan menjadi tempat kudus bagi Tuhan.

Jerusalem: Hak 6:36-40 - -- Inilah tanda yang diminta Gideon dalam Hak 6:17. Bdk Kel 4:1-7, di mana dua tanda membuktikan bahwa Musa diutus oleh Tuhan.

Inilah tanda yang diminta Gideon dalam Hak 6:17. Bdk Kel 4:1-7, di mana dua tanda membuktikan bahwa Musa diutus oleh Tuhan.

Ende: Hak 6:7-10 - -- Bagian ini menjatakan sebab apa Israil melarat dan dianiaja.

Bagian ini menjatakan sebab apa Israil melarat dan dianiaja.

Ende: Hak 6:14 - -- Tenaga itu adalah tenaga ilahi, jang sekarang djua dikurniakan kepada Gide'on.

Tenaga itu adalah tenaga ilahi, jang sekarang djua dikurniakan kepada Gide'on.

Ende: Hak 6:22 - -- Menurut anggapan djaman dulu orang tidak dapat "melihat" Jahwe tanpa mati. Rasa gerun terhadap jang kudus.

Menurut anggapan djaman dulu orang tidak dapat "melihat" Jahwe tanpa mati. Rasa gerun terhadap jang kudus.

Ende: Hak 6:25-32 - -- Berita ini menjatakan betapa merosotnja agama Jahwe jang sedjati di Israil. Rupa2nja kisah ini mengenai peristiwa2 jang ditjeritakan Hak 6:11-24 djuga...

Berita ini menjatakan betapa merosotnja agama Jahwe jang sedjati di Israil. Rupa2nja kisah ini mengenai peristiwa2 jang ditjeritakan Hak 6:11-24 djuga.

Ende: Hak 6:32 - -- Jerubba'al berarti: "Semoga Ba'al bersengketa (membela) dengannja.

Jerubba'al berarti: "Semoga Ba'al bersengketa (membela) dengannja.

Endetn: Hak 6:15 - tuanku diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis: "Tuhan".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis: "Tuhan".

Endetn: Hak 6:40 - tetap (2x), diperbaiki. Tertulis: "keatas".

(2x), diperbaiki. Tertulis: "keatas".

Ref. Silang FULL: Hak 6:7 - Israel berseru · Israel berseru: Hak 3:9; Hak 3:9

· Israel berseru: Hak 3:9; [Lihat FULL. Hak 3:9]

Ref. Silang FULL: Hak 6:8 - seorang nabi // dari Mesir // rumah perbudakan · seorang nabi: Ul 18:15; 1Raj 20:13,22; 2Raj 17:13,23; Neh 9:29; Ayub 36:10; Yer 25:5; Yeh 18:30-31 · dari Mesir: Hak 12:1; Hak 12:1 &m...

· seorang nabi: Ul 18:15; 1Raj 20:13,22; 2Raj 17:13,23; Neh 9:29; Ayub 36:10; Yer 25:5; Yeh 18:30-31

· dari Mesir: Hak 12:1; [Lihat FULL. Hak 12:1]

· rumah perbudakan: Yos 24:1

Ref. Silang FULL: Hak 6:9 - yang menindas // dan negeri · yang menindas: Bil 10:9; Bil 10:9; Mazm 136:24 · dan negeri: Mazm 44:3

· yang menindas: Bil 10:9; [Lihat FULL. Bil 10:9]; Mazm 136:24

· dan negeri: Mazm 44:3

Ref. Silang FULL: Hak 6:10 - kamu menyembah // orang Amori · kamu menyembah: Kel 20:5; Kel 20:5 · orang Amori: Yos 24:15; Yos 24:15

· kamu menyembah: Kel 20:5; [Lihat FULL. Kel 20:5]

· orang Amori: Yos 24:15; [Lihat FULL. Yos 24:15]

Ref. Silang FULL: Hak 6:11 - Malaikat Tuhan // di Ofra // kepunyaan Yoas // orang Abiezer // sedang Gideon // anaknya, mengirik // pemerasan anggur · Malaikat Tuhan: Kej 16:7; Kej 16:7 · di Ofra: Yos 18:23; Yos 18:23 · kepunyaan Yoas: Hak 6:29; Hak 7:14; 8:13,29 · orang...

· Malaikat Tuhan: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· di Ofra: Yos 18:23; [Lihat FULL. Yos 18:23]

· kepunyaan Yoas: Hak 6:29; Hak 7:14; 8:13,29

· orang Abiezer: Bil 26:30; [Lihat FULL. Bil 26:30]

· sedang Gideon: Hak 7:1; 8:1; Ibr 11:32

· anaknya, mengirik: Rut 2:17; 3:2; 1Sam 23:1; 1Taw 21:20

· pemerasan anggur: Neh 13:15; Yes 16:10; 63:3; Rat 1:15; Yoel 3:13

Ref. Silang FULL: Hak 6:12 - menyertai engkau // ya pahlawan · menyertai engkau: Yos 1:5; Yos 1:5; Rut 2:4; 1Sam 10:7; Mazm 129:8 · ya pahlawan: Hak 11:1

· menyertai engkau: Yos 1:5; [Lihat FULL. Yos 1:5]; Rut 2:4; 1Sam 10:7; Mazm 129:8

· ya pahlawan: Hak 11:1

Ref. Silang FULL: Hak 6:13 - yang ajaib // yang diceritakan // Tuhan membuang · yang ajaib: Yos 3:5; Yos 3:5 · yang diceritakan: 2Sam 7:22; Mazm 44:2; 78:3 · Tuhan membuang: Ul 31:17; Ul 31:17

· yang ajaib: Yos 3:5; [Lihat FULL. Yos 3:5]

· yang diceritakan: 2Sam 7:22; Mazm 44:2; 78:3

· Tuhan membuang: Ul 31:17; [Lihat FULL. Ul 31:17]

Ref. Silang FULL: Hak 6:14 - dengan kekuatanmu // dan selamatkanlah · dengan kekuatanmu: Ibr 11:34 · dan selamatkanlah: Hak 6:36; Hak 10:1; 2Raj 14:27

· dengan kekuatanmu: Ibr 11:34

· dan selamatkanlah: Hak 6:36; Hak 10:1; 2Raj 14:27

Ref. Silang FULL: Hak 6:15 - Ketahuilah, kaumku // kaum keluargaku · Ketahuilah, kaumku: Yes 60:22 · kaum keluargaku: 1Sam 9:21

· Ketahuilah, kaumku: Yes 60:22

· kaum keluargaku: 1Sam 9:21

Ref. Silang FULL: Hak 6:16 - menyertai engkau · menyertai engkau: Kel 3:12; Bil 14:43; Bil 14:43; Yos 1:5

· menyertai engkau: Kel 3:12; Bil 14:43; [Lihat FULL. Bil 14:43]; Yos 1:5

Ref. Silang FULL: Hak 6:17 - kepadaku tanda · kepadaku tanda: Hak 6:36-37; Kej 24:14; Kej 24:14; Kel 3:12; Kel 3:12; Kel 4:8; Kel 4:8

· kepadaku tanda: Hak 6:36-37; Kej 24:14; [Lihat FULL. Kej 24:14]; Kel 3:12; [Lihat FULL. Kel 3:12]; Kel 4:8; [Lihat FULL. Kel 4:8]

Ref. Silang FULL: Hak 6:19 - anak kambing // dari seefa // pohon tarbantin · anak kambing: Hak 13:15 · dari seefa: Im 19:36; Im 19:36 · pohon tarbantin: Kej 18:7-8

· anak kambing: Hak 13:15

· dari seefa: Im 19:36; [Lihat FULL. Im 19:36]

· pohon tarbantin: Kej 18:7-8

Ref. Silang FULL: Hak 6:20 - atas batu · atas batu: Hak 13:19

· atas batu: Hak 13:19

Ref. Silang FULL: Hak 6:21 - mengulurkan tongkat // dan roti · mengulurkan tongkat: Kel 4:2 · dan roti: Im 9:24; Im 9:24

· mengulurkan tongkat: Kel 4:2

· dan roti: Im 9:24; [Lihat FULL. Im 9:24]

Ref. Silang FULL: Hak 6:22 - Maka tahulah // berhadapan muka · Maka tahulah: Hak 13:16,21 · berhadapan muka: Kej 32:30; Hak 13:22

· Maka tahulah: Hak 13:16,21

· berhadapan muka: Kej 32:30; Hak 13:22

Ref. Silang FULL: Hak 6:23 - Jangan takut // akan mati · Jangan takut: Dan 10:19 · akan mati: Kej 16:13; Kej 16:13; Ul 5:26; Ul 5:26

· Jangan takut: Dan 10:19

· akan mati: Kej 16:13; [Lihat FULL. Kej 16:13]; Ul 5:26; [Lihat FULL. Ul 5:26]

Ref. Silang FULL: Hak 6:24 - dan menamainya // di Ofra · dan menamainya: Kej 22:14; Kej 22:14 · di Ofra: Yos 18:23; Yos 18:23

· dan menamainya: Kej 22:14; [Lihat FULL. Kej 22:14]

· di Ofra: Yos 18:23; [Lihat FULL. Yos 18:23]

Ref. Silang FULL: Hak 6:25 - tebanglah tiang · tebanglah tiang: Hak 6:26,28,30; Kel 34:13; Hak 2:13; Hak 2:13

· tebanglah tiang: Hak 6:26,28,30; Kel 34:13; Hak 2:13; [Lihat FULL. Hak 2:13]

Ref. Silang FULL: Hak 6:26 - korban bakaran · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]

Ref. Silang FULL: Hak 6:28 - dirobohkan mezbah · dirobohkan mezbah: Hak 6:30; 1Raj 16:32; 2Raj 21:3

· dirobohkan mezbah: Hak 6:30; 1Raj 16:32; 2Raj 21:3

Ref. Silang FULL: Hak 6:29 - bin Yoas · bin Yoas: Hak 6:11; Hak 6:11

· bin Yoas: Hak 6:11; [Lihat FULL. Hak 6:11]

Ref. Silang FULL: Hak 6:30 - merobohkan mezbah · merobohkan mezbah: Hak 6:28; Hak 6:28

· merobohkan mezbah: Hak 6:28; [Lihat FULL. Hak 6:28]

Ref. Silang FULL: Hak 6:31 - berjuang membela · berjuang membela: 1Sam 24:15; Mazm 43:1; Yer 30:13

· berjuang membela: 1Sam 24:15; Mazm 43:1; Yer 30:13

Ref. Silang FULL: Hak 6:32 - nama Yerubaal · nama Yerubaal: Hak 7:1; 8:29,35; 9:1; 1Sam 12:11

· nama Yerubaal: Hak 7:1; 8:29,35; 9:1; 1Sam 12:11

Ref. Silang FULL: Hak 6:33 - orang Amalek // dan orang-orang // lembah Yizreel · orang Amalek: Bil 13:29 · dan orang-orang: Kej 25:6; Kej 25:6 · lembah Yizreel: Yos 15:56; Yos 15:56; Yeh 25:4; Hos 1:5

· orang Amalek: Bil 13:29

· dan orang-orang: Kej 25:6; [Lihat FULL. Kej 25:6]

· lembah Yizreel: Yos 15:56; [Lihat FULL. Yos 15:56]; Yeh 25:4; Hos 1:5

Ref. Silang FULL: Hak 6:34 - Tuhan menguasai // ditiupnyalah sangkakala // orang-orang Abiezer · Tuhan menguasai: Hak 3:10; Hak 3:10 · ditiupnyalah sangkakala: Yos 6:20; Yos 6:20; Hak 3:27; Hak 3:27 · orang-orang Abiezer: Yo...

· Tuhan menguasai: Hak 3:10; [Lihat FULL. Hak 3:10]

· ditiupnyalah sangkakala: Yos 6:20; [Lihat FULL. Yos 6:20]; Hak 3:27; [Lihat FULL. Hak 3:27]

· orang-orang Abiezer: Yos 17:2; [Lihat FULL. Yos 17:2]

Ref. Silang FULL: Hak 6:35 - suku Asyer // dan Naftali // dengan mereka · suku Asyer: Yos 17:7; Yos 17:7 · dan Naftali: Hak 4:6; Hak 4:6 · dengan mereka: Hak 7:23

· suku Asyer: Yos 17:7; [Lihat FULL. Yos 17:7]

· dan Naftali: Hak 4:6; [Lihat FULL. Hak 4:6]

· dengan mereka: Hak 7:23

Ref. Silang FULL: Hak 6:36 - mau menyelamatkan · mau menyelamatkan: Hak 6:14; Hak 6:14

· mau menyelamatkan: Hak 6:14; [Lihat FULL. Hak 6:14]

Ref. Silang FULL: Hak 6:37 - guntingan bulu // tempat pengirikan // maka tahulah · guntingan bulu: Ayub 31:20 · tempat pengirikan: Bil 18:27; Bil 18:27; 2Sam 6:6; 24:16 · maka tahulah: Kej 24:14; Kej 24:14

· guntingan bulu: Ayub 31:20

· tempat pengirikan: Bil 18:27; [Lihat FULL. Bil 18:27]; 2Sam 6:6; 24:16

· maka tahulah: Kej 24:14; [Lihat FULL. Kej 24:14]

Ref. Silang FULL: Hak 6:39 - aku berkata · aku berkata: Kej 18:32

· aku berkata: Kej 18:32

Ref. Silang FULL: Hak 6:40 - ada embun · ada embun: Kel 4:3-7; Yes 38:7

· ada embun: Kel 4:3-7; Yes 38:7

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 6:7-10 - Serbuan-serbuan Orang Midian Serbuan-serbuan Orang Midian (6:7-10) Cermatilah di sini, I. Perhatian yang diberikan Allah terhadap seruan-seruan orang Israel, ketika pada...

Matthew Henry: Hak 6:11-24 - Panggilan terhadap Gideon Panggilan terhadap Gideon (6:11-24) Tidak dikatakan apa dampak dari khotbah sang nabi atas umat, tetapi kita dapat berharap bahwa khotbah itu berda...

Matthew Henry: Hak 6:25-32 - Gideon Merobohkan Mezbah Baal; Gideon Diselamatkan dari Amukan Orang Banyak Gideon Merobohkan Mezbah Baal; Gideon Diselamatkan dari Amukan Orang Banyak (6:25-32) Dalam perikop ini, I. Perintah-perintah diberikan kepa...

Matthew Henry: Hak 6:33-40 - Guntingan Bulu Domba Gideon Guntingan Bulu Domba Gideon (6:33-40) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Serangan terhadap Israel yang dibuat oleh para musuh mereka (ay. ...

SH: Hak 6:1-24 - Berseru dalam kesesakan. (Kamis, 9 Oktober 1997) Berseru dalam kesesakan. Kemelaratan orang Israel akibat ditindas orang Midian, membuat mereka sadar. Mereka berseru kepada Tuhan. Seruan di puncak p...

SH: Hak 6:1-24 - Jangan takut! (Selasa, 22 April 2008) Jangan takut! Takut bisa muncul dari tiga sumber. Takut terhadap musuh atau rintangan yang lebih besar daripada dirinya; takut terhadap Tuh...

SH: Hak 6:1-24 - Dipanggil dan disertai (Sabtu, 24 Agustus 2013) Dipanggil dan disertai Sungguh tidak enak hidup dalam ketakutan. Itulah yang dialami bangsa Israel yang berada dalam cengkeraman bangsa Midian. Meman...

SH: Hak 6:1-40 - Koreksi Diri (Rabu, 22 Juli 2020) Koreksi Diri Memang tidak selamanya hal buruk terjadi selalu akibat perbuatan dosa. Namun tidak dapat disangkal, kadang kala kesulitan datang karena ...

SH: Hak 6:25-40 - Keberanian tinggi nilainya. (Jumat, 10 Oktober 1997) Keberanian tinggi nilainya. Memang untuk melaksanakan tugas dari Tuhan, besar risikonya bagi Gideon. Namun Gideon telah berhasil mengusir "hantu" ris...

SH: Hak 6:25-40 - Tindakan awal pembebasan (Rabu, 23 April 2008) Tindakan awal pembebasan Sebelum Allah memulihkan situasi dan kondisi bangsa, Ia ingin membawa hati bangsa ini berpaling kepada Dia terlebih dah...

SH: Hak 6:25-32 - Dari takut menuju iman (Senin, 26 Agustus 2013) Dari takut menuju iman Tuhan sedang bersiap untuk menyelamatkan umat-Nya. Ia telah memilih Gideon untuk terlibat dalam karya itu dan berjanji untuk m...

SH: Hak 6:33-40 - Meski gentar, tetaplah taat (Selasa, 27 Agustus 2013) Meski gentar, tetaplah taat Kelanjutan kisah Gideon sangat menarik. Gideon ternyata masih meragukan pilihan Tuhan atas dirinya untuk memimpin bangsa ...

Topik Teologia: Hak 6:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Ibr.: Adonai) Kel 34:9 Yos ...

Topik Teologia: Hak 6:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Tuhan ALLAH / yang Berdaulat (Ibr.: Adonai Yahweh...

Topik Teologia: Hak 6:24 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan itu Keselamatan Hak 6:24 ...

Topik Teologia: Hak 6:31 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berhala adalah Kesia-siaa...

Topik Teologia: Hak 6:34 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh Menggerakkan dan Menguatkan Hakim-hakim Hak 3:10 Hak 6:34 Hak 11:29 Hak 13:24-25

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) JANGAN PERNAH MELUPAKAN KUASA ALLAH BUKAN OLEH TANGANKU SENDIRI (HAKIM-HAKIM 6; 7) Begitu Raja Kanaan Jabin sudah ditaklukkan, Israel mengenyam kedam...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.65 detik
dipersembahkan oleh YLSA